Video Pelanggaran Lalu Lintas

Senin, 09 Agustus 2010

Paling Sering Tabrak Samping

Analisis dan evaluasi (anev) data kecelakaan di Satlantas Polrestabes Surabaya pada Juli lalu juga menunjukkan sebuah fenomena memprihatinkan di kalangan pelajar. Yakni, di antara total 18 kejadian, kecelakaan terbanyak adalah tabrak samping, yakni sembilan kasus.

Padahal, tabrak samping merupakan sebuah anatomi kecelakaan yang biasanya disebabkan kesembronoan pengendara. ''Memang seperti itulah faktanya. Karena itu, kampanye Road Safety to School Competition (RSSC) sangat penting,'' tutur Kasatlantas Polrestabes Surabaya AKBP Valentino Alfa Tatareda.

Dari rincian yang diberikan anak buahnya, pelajar sering menabrak karena terburu-buru di jalan dan lebih untuk bergaya. ''Rata-rata kecelakaan yang terjadi berkecepatan 40-50 km/jam.''



Untuk sebuah jalan kecil seba­gaimana yang terjadi di Wonokusumo (yang berakibat korban meninggal), kecepatan tersebut tergolong sangat kencang.

Di bagian lain, kampanye RSSC di SMA Wijaya Putra kemarin berlangsung sangat meriah. Sang kepala sekolah, Sugeng Santosa, bahkan terlibat seru dalam kampanye yang mengutamakan edugames untuk menyosialisasikan aman berkendara tersebut.

Pemenang safety quiz adalah Yhogi dan Bintang dari kelas XII-TKR. Pemenang lomba yel-yel adalah kelas XII-IPS. Pemenang spanduk adalah kelas XII-IPA dengan judul Safety Riding with Safely, Angin Ribut Bikin Semrawut, Sampeyan Ngebut Maut Menjemput. Sementara itu, apresiasi yel-yel diberikan kepada siswa-siswi SMP Wijaya Putra.



Sumber: http://www.jawapos.co.id/metropolis/index.php?act=detail&nid=149403

Tidak ada komentar:

Posting Komentar