Video Pelanggaran Lalu Lintas

Selasa, 24 Agustus 2010

Lalu Lintas dan Permasalahannya

Terdapat beberapa factor yang dapat mempengaruhi stabilitas keamanan, keselamatan, ketertiban dan kelancaran dalam berlalulintas meliputi :
1.      FAKTOR MANUSIA
       Manusia sebagai pemakai jalan yaitu sebagai pejalan kaki dan pengendara kendaraan. Interaksi antara faktor Manusia, Kendaraan, Jalan dan Lingkungan sangat bergantung dari perilaku Manusia, hal ini sangat ditentukan oleh beberapa indikator yang membentuk sikap dan perilakunya di Jalan raya berupa :
a.       Mental
      Mental dan perilaku pengguna jalan merupakan suatu cerminan berbudaya lalu lintas, hal ini hanya dapat dibentuk oleh diri kita sendiri di dalam kehidupn sehari-hari terutama di dalam keluarga dan lingkungan sekitar.
b.      Pengetahuan
      Setiap pengguna jalan wajib memahami aturan yang telah ditetapkan secara formal atau tertulis maupun tidak tertulis sehingga terdapat satu persepsi dalam pola tindak dan pola pikir dalam berinteraksi di jalan raya.
      Selain pemahaman dibutuhkan juga pengetahuan yang luas dengan cara mempelajari karakteristik kendaraan secara langsung (fisik)
c.       Ketrampilan
          Ketrampilan dalam mengendalikan kendaraan merupakan suatu keharusan yang mutlak demi keamanan, keselamatan, ketertiban dan kelancaraan lalu lintas baik bagi pengemudi atau pengendara kendaraan tersebut maupun pengguna jalan lainnya.

2.      FAKTOR KENDARAAN
Beberapa faktor yang dapat mempengaruhi situasi lalu lintas jalan raya yang melibatkan kendaraan dapat di bagi dalam 2 (dua) faktor utama yaitu :
a.       Kuantitas Kendaraan
          Laju pertambahan jumlah kendaraan menyebabkan menuntut adanya percepatan dalam bidang perekonomian dan keamanan. Persaingan ekonomi dan perindustrian dalam era pasar bebas memang sudah mulai dirasakan, dimana sekarang semakin banyaknya produsen kendaraan yang digerakan secara mekanik tetapi dengan menggunakan tenaga baterai, setiap produsen melakukan promo yang mampu menarik konsumen untuk membeli produknya. Hal itulah yang menyebabkan adanya kemacetan, kepadatan dan kesemrawutan yang semakin sulit untuk diatasi.
b.      Kualitas Kendaraan
          Kendaraan bermotor saat ini  dirancang  dengan aspek keamanaan yang berhubungan dengan pemakai jalan dan angkutan barang. Kendaraan harus siap pakai, oleh karena itu kendaraan harus dipelihara dengan baik sehingga semua bagian mobil berfungsi dengan baik. Dengan demikian pemeliharaan kendaraan tersebut diharapkan dapat :
a. Mengurangi jumlah kecelakaan
                  b. Mengurangi jumlah korban kecelakaan pada pemakai jalan lainnya
                  c. Mengurangi besar kerusakan pada kendaraan bermotor
                  d. Kendaraan dapat tetap laik jalan
                  e. Komponen Kendaraan selalu dalam kondisi siap untuk dioperasionalkan secara  baik sesuai dengan kebutuhan pada saat dikendarai/dikemudikan.

3.      FAKTOR JALAN
Jalan merupakan salah satu factor penyebab kecelakaan. Beberapa faktor yang berpotensi menimbulkan permasalahan terhadap Keamanan, Keselamatan, Ketertiban dan Kelancaran lalu lintas antara lain :
1)      Prasarana.
Jalan yang dioperasional harus dilengkapi dengan prasarana jalan sebagaimana tercantum dalam Pasal 8 ayat 1 Undang-Undang nomor 14 tahun 1992 menyatakan bahwa : “Untuk keselamatan, keamanan, ketertiban dan kelancaran lalu lintas serta kemudahan bagi pemakai jalan, jalan wajib dilengkapi dengan :
a) Rambu-rambu
b) Marka jalan
c) Alat pemberi isyarat lalu lintas
d) Alat pengendali dan alat pengamanan pemakai jalan
e) Alat pengawasan dan pengamanan jalan
f) ada fasilitas pendukung kegiatan lalu lintas dan angkutan jalan yang berada di jalan  dan di luar jalan.
 2).  Lokasi Jalan:
       a) Dalam kota (di daerah pasar, pertokoan, perkantoran, sekolah, perumahan),
       b) Luar kota (pedesaan, penghubung antar daerah)

Maka dari itu marilah kita patuhi dan selalu tertib dalam berlalu lintas demi keselamatan anda
           




Tidak ada komentar:

Posting Komentar