Video Pelanggaran Lalu Lintas

Kamis, 19 Agustus 2010

Upaya Polri Dalam Penangggulangan Kecelakaan Angkutan Umum

            Kemajuan dan perkembangan teknologi yang sangat pesat juga diikuti dengan meningkatnya kepemilikan kendaraan. Hal ini menyebabkan adanya masalah yang timbul di jalan raya. Selain itu juga diikuti dengan adanya jumlah pertambahan penduduk serta peningkatan taraf kesejahteraan penduduk yang dapat menimbulkan dampak posituf dan negative.

            Salah satu dampak positifnya yaitu meningkatnya jumlah masyarakat yang mempunyai kendaraan roda empat. Sedangkan dampak negatifnya adalah


meningkatnya angka kecelakaan lalu lintas yang cenderung dialami oleh angkutan umum. Hal ini membuat masyarakat menjadi khawatir jika memakai kendaraan umum.



            Kecelakaan terjadi biasanya disebabkan karna kelalaian dari si pengemudi kendaraan umum. Kecelakaan sering terjadi di daerah yang sulit untuk dijangkau dan masyarakatnya banyak yang tidak memiliki kendaraan. Salah satunya adalah kecelakaan yang terjadi di daerah Lampung tang disebabkan yang memuat penumpang melebihi kapasitas daya angkut mobil angkutan umum tersebut. Hal ini merupakan salah satu masalah yang harus dihadapi oleh aparat kepolisian khususnya unit Satuan Lalu Lintas (Satlantas) sebagai penegak hukum yang terlibat langsung di lapangan untuk menertibkan sopir angkutan umum yang tidak tertib dan terkadang sering ugal-ugalan pada saat mengendarai mobil angkutan umum.

             Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan diketahui bahwa upaya Satlantas Polres Lampung Timur dalam pencegahan dan penaggulangan kecelakaan lalulintas menggunakan sarana penal dan non penal. Upaya penal dilakukan yakni aparat Kepolisian memberikan sanksi hukum yang berlaku bagi pelaku yang melanggar tatatertib berlalu lintas, sedangkan upaya non penal yakni aparat Kepolisian memberikan pengarahan melalui musyawarah dengan masyarakat di daerah Lampung Timur tentang tatatertib dalam berlalu lintas yang aman dan nyaman bagi masyarakat. Satlantas Polres Lampung Timur menyelenggarakan Pendidikan Hukum Lalu Lintas Jalan Raya. Penyelenggaraan Pendidikan Hukum Lalu Lintas Jalan Raya bertujuan supaya warga masyarakat mempunyai pengetahuan mengenai hukum tertentu khususnya dalam bidang hukum lalu lintas jalan raya, Satlantas Polres Lampung Timur mengadakan sejumlah operasi rutin didaerah rawan kecelakaan, serta pemberian penyuluhan ke sekolah-sekolah tentang berlalu lintas di jalan raya dengan tertib juga mendapatkan sambutan yang positif bagi masyarakat karena hal ini diharapkan dapat menumbuhkan kesadaran masyarakat akan pentingnya tata cara berlalu lintas dengan baik di jalan raya agar sejumlah pelanggaran lalu lintas dapat berkurang sehingga ketertiban dan kelancaran berlalu lintas dapat terwujud.

           Berdasarkan hasil penelitian tersebut maka disarankan agar kinerja aparat kepolisian lebih ditingkatkan dengan melakukan pendekatan lebih terhadap masyarakat di daerah Lampung Timur, agar masyarakat didaerah tersebut sadar akan hukum serta tata cara berlalu lintas yang baik demi mewujudkan kenyamanan dalam berkendara dan tertib lalu lintas

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar