Video Pelanggaran Lalu Lintas

Selasa, 10 Agustus 2010

Peran SATLANTAS

 Menurut hasil wawancara kita kepada bapak Ibda Warno mantan SATLANTAS di Polsek Benowo yang kini menjabat sebagai KANIT Patroli, menuturkan bahwa SATLANTAS adalah singkatan dari Satuan Lalu Lintas. SATLANTAS sendiri memiliki peran yang sangat penting yaitu melaksanakan keamanan, kelancaran dan ketertiban dalam berlalu lintas. Di dalam SATLANTAS terdapat bagian-bagian yang memiliki fungsi masing-masing, seperti :
  1. LAKA menyangkut tentang kecelakaan dalam berlalu lintas.
  2. YARMAS mengatur kerjanya lalu lintas.
  3. SAMSAT
  4. GAKOM mengatur penegakan hukum (penilangan)
  5. Dll.
Selain itu, juga terdapat ketentuan-ketentuan dalam berlalu lintas dari segi si pengendara seperti diwajibkan memiliki SIM dan STNK kemudian dari segi kendaraan seperti hal kelengkapan (lampu riting, spion, lampu depan, belakang, dll.).
Untuk pemakain lampu seharusnya menggunakan sesuai dengan ketentuan seperti warna merah yang diganti dengan warna putih. Nah, itu sebenarnya melanggar dan dapat mengganggu pengendara lain dalam berlalu lintas.


Menurut Bpk Ibda Warno selaku KANIT PATROLI di kepolisian Benowo menegaskan bahwa di dalam SATLANTAS terdapat sistem kerja yang disebut TURJAWALI yaitu pengaturan, penjagaan, pengawalan dan patroli. Dengan adanya sistem tersebut diharapkan kinerja SATLANTAS dapat berjalan dengan baik dan benar serta masyarakat dapat mengantisipasi kecelakaan dalam berlalu lintas.
Salah satu peran SATLANTAS yaitu jika terdapat penggusuran jalan atau tempat yang dapat menyebabkan kemacetan di jalan raya, maka yang bertindak adalah SATLANTAS. Dari peran tersebut juga terdapat keuntungan yang diperoleh dari masyarakat umum ke lantas dan sebaliknya yaitu mendapatkan pengalaman dan pengetahuan.
Maka dari itu di dalam SATLANTAS jika dibutuhkan mereka akan bertindak dan membantu sesuai dengan bagian-bagiannya, yang merupakan perwujudan dari pengabdian SATLANTAS kepada Bangsa Indonesia. Menurut beliau, kinerja SATLANTAS saat ini dianggap lebih baik daripada tahun-tahun sebelumnya seperti dalam perpanjangan SIM dan STNK bahkan sekarang terdapat corner yang menjadi tempat pelayanan masyarakat terpadu. Beliau juga berpesan kepada penerus SATLANTAS yang akan datang, bahwa menjadi seorang SATLANTAS diperlukan dan harus mendalami teknis-teknis kepolisian yang baik dan benar. Maka dari itu jangan remehkan SATLANTAS, tanpa mereka keadaan jalan raya kita tidak akan seperti sekarang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar